Kamis, 13 September 2012

HASIL DISKUSI ANALISIS KELOMPOK

Anggota Kelompok :
1. Rizqi Chairiyah (10-007)
2. Fauziah Nami Nasution (10-016)
3. Sri Rizki Amanda (10-017)


Konsep penguatan dari Skinner efektif untuk memunculkan perilaku baru yang diharapkan. Penguatan ini bisa bersifat positif dan bisa bersifat negative. Penguatan yang bersifat positif bila diberikan akan memunculkan perilaku baru atau mempertahan perilaku yang lama yang memang diinginkan. Sebaliknya penguatan negative akan mengurangi perilaku yang tidak diharapkan. Tetapi pada kasus Ririn (Sri Rizki Amanda) dan Qiqi (Rizqi Chairiyah) penguatan negative yang diberikan malah menguatkan perilaku yang tidak diharapkan (Ex: tidak termotivasi untuk belajar).

Skinner juga memberikan konsep jadwal penguatan, yaitu : fixed ratio, fixed interval, variable ratio, variable interval. Penjadwalan penguatan memegang peranan penting dalam memunculklan perilaku. Terlihat dari kasus Anggi (Fauziah Nami), yang diberikan penguatan secara konsisten, yitu setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut memberikan efek positif pada anak yang semakin termotivasi untuk meningkatkan nilainya.

NB : Untuk membaca kasus Ririn, Qiqi, dan kasus Anggi, reader dapat membukan Link pada nama anggota kelompok diatas. Terimakasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar