Sabtu, 24 Maret 2012

Kulian Online ???


Tes ... Tes .... Testimoni ................
Hmmmmm...... Kelas paedagogi yang dilakukan secara online kali ini sebenarnya bukan kuliah online pertama yang dilakukan oleh dosen pengampu. Jika diingat-ingat lagi, kuliah online ini juga pernah dilakukan saat mata kuliah psikologi pendidikan dengan dosen pengampu yang sama, yaitu Bu Dina. Posting kali ini saya cuma mau kasi testimoni berkaitan dengan mata kuluah paedagogi yang dlakukan secara online kemarin. Jadi kalimatnya saya buat sedikit santai. Berbeda dari posting-posting sebelumnya.hehehe
Sedikit berbagi apa yang kami lakukan pada kuliah online mata kuliah paedagogi kemarin, kami ditugaskan untuk mengeksplor satu link website untuk pendidikan (edukasi.net), setelah itu kami harus memberikan testimoni dengan mengaitkan 3 materi yang telah dipelajari, yaitu seni mengajar, paradigma belajar dan prinsip-prinsip paedagogis.  Hasil yang saya dapat hari itu, bahwa belajar tidak hanya terbtas pada ruangan persegi yang dibatasi dinding-dinding keras. Semua hal dikehidupan sehari-hari bisa mengajarakan kita banyak hal. Banyak sekali sumber daya diluar sana yang bisa kita gunakan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Mau menggunakannya untuk hal positif atau sekedar menggunakannya untuk bermain-main dan tidak bermanfaat sama sekali.
Kuliah online kali ini menurut saya lebih efektif dari pengalaman pertama dulu. Kenapa saya mengatakan kuliah online kali ini lebih efektif?  Karna pada kuliah ini kami secara merata dapat mengeksplor kemampuan berfikir dan mengasah kreativitas dengan tetap mengikuti materi dalam ruang lingkup paedagogi. Artinya kami tidak hanya sekedar membaca ataupun menghafal materi saja, tetapi langsung mempraktekkan apa yang kami dapat dikelas paedagogi sebelumnya. Karena menurut saya ilmu yang kita punya tanpa sama saja dengan tidak belajar sama sekali. Bagi saya, praktek dalam kehidupan sehari-hari, sesederhana apapun itu, hal tersebut akan menjadi sangat penting dan bermanfaat. Ini merupakan hal postif dalam dunia pendidikan yang harus didukung pelaksanaanya. Jadi remaja zaman sekarang  tidak hanya menggunakan internet untuk facebook atau twitter atau jejaring sosial lainnya, tetapi juga menggunakannya untuk menambah wawasan dengan membuka situs-situs yang memang disediakan untuk pendidikan.
Nah, itu tadi adalah testimoni saya mengenai mata kuliah paedagogi pertemuan keempat yang dilakuka secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar