Selasa, 08 Februari 2011

PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Teknologi memiliki peranan penting dalam pendidikan. Murid-murid dewasa ini tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan di masa ketika orang tua dan kakek mereka masih menjadi murid. Teknologi banyak membantu proses belajar mengajar di sekolah. Internet menjadi media pembelajaran yang sangat penting. Contohnya saja seorang guru yang harus menjelaskan kepada muridnya tentang ekologi gurun pasir. Untuk sekolah yang tidak berada di kawasan gurun, pendekatan tradisionalnya adalah guru menyuruh muridnya membaca topik dalam buku ajar. Cara lain yang jauh berbeda adalah guru menjelaskan ekologi gurun dengan meggunakan komputer dan jaringan internet untuk mencari gambar-gambar yang berkaita dengan ekologi gurun pasir atau menggunakan paket CD-ROM. Hal ini akan tampak lebih nyata. Sehingga murid-murid lebih dapat mengeksplorasi apa saja yang terdapat di gurun tersebut.


Internet sendiri dalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sekitar 98% sekolah di AS telah terhubung dengan internet dan 77% kelas mempunyai komputer yang terhubung dengan internet. Dalam internet banyak sekali istilah-istilah yang masih sedikit orang yang memahaminya, antara lain :

  1. World Wide Web : Sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. 
  2. Website : Lokasi imdividu atau organisasi di internet.
  3. E-mail : Singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet.


Hal terbaru tentang perkembangan teknologi adalah komputer generasi ketiga-akan berupa ubiquitous computing, yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan, ketimbang personal. Ringkasnya, ubiquitous computing akan berupa dunia pasca-PC. Ubiquitous adalah kebalikan dari realitas virtual. Jika realitas virtual menempatakan orang dalam dunia yang diciptakan komputer, ubiquitous computing akan memaksa komputer eksis didunia manusia.


Sebuah studi nasional menemukan bahwa murid grade empat, delapan, dan dua belas yang mempunyai komputer internet dirumah memperoleh nilai sains yang lebih tinggi dibanding murid dengan level grade yang sama yang tidak menggunakan internet dirumah. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa komputer internet memiliki andil yang cukup besar dalam dunia pendidikan.


Sebuah studi nasional menemukan bahwa murid grade 4,8, dan 12 yang mempunyai komputer internet dirumahnya memperoleh nilai sains yang lebih tinggi dibanding murid dengan leel grade yang sama yang tidak memiliki komputer internet dirumahnya. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa komputer dan internet memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan dunia pendidikan.


Tetapi kenyataannya adalah masih banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak menyediakan media pembelaran ini. Hal lain yang juga menghambat proses belajar dengan teknologi komputer adalah guru sebagai mediator tidak memiliki pengetahuan memadai dalam menggunakan komputer dan sekolahnya sendiri juga tidak menyediakan workshop atau pelatihan yang dibutuhkan. Jumlah guru yang mahir menggunakan teknologi masih sangat minim.


Dari pernyataan diatas timbul pertanyaan saya " Jika jumlah guru yang mahir menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajarnya dikelas, bagaimana nasib murid-murid yang berada disekolah yang kurang beruntung ini dan bagaimana cara menanggulangi hal tersebut? padahal di era globalisasi saat ini, murid dituntut agar dapat mengikuti perkembangan jaman. "

Asumsi sementara saya mengenai pertanyaan diatas adalah,
Minimnya guru yang mahir menggunakan komputer dan internet sebagai media pembelajaran sudah seharusnya menjadi perhatian pemerintah, khususnya menteri pendidikan. Dengan pesatnya perkembangan jaman yang ada diluar sana, apalagi perkembangan teknologi untuk membantu proses belajar mengajar seharusnya bisa menjadi motivasi tersendiri untuk kita agar lebih meningkatkan mutu pendidikan di dalam negri. Tidak mungkin kita hanya berdiam diri, sedangkan manusia diluar sana terus berlomba mengembangkan kemampuan mereka. Menurut saya dengan dimarakkannya pelatihan disekolah-sekolah agar meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan komputer di internet adalah hal utama yang harus dilakukan. Perlunya kesadaran dari semua pihak juga menjadi langkah penting dlam mengembangkan mutu pendidikan dengan menggunakan media pembelajaran komputer dan internet. Hal lain yang menurut saya juga sangat penting adalah perlunya peran pemerintah dalam memberikan dana untuk mewujudkan sekolah yang memiliki sistem jaringan internet didalamnya. Dan disetiap sekolah hendaknya memiliki komputer yang memadai secara merata.
Demikian dugaan sementara saya mengenai pertanyaan tersebut diatas. Lebih dan kurang saya mohon maaf. Dan mohon bimbingan dari Ibu Fillia Dina. Terima kasih.

Daftar Pustaka
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar